Kamis, 21 Juni 2012

Memahami Arti Argumen Dalam Debat

Jika anda telah membaca artikel saya sebelumnya tentang manfaat dan aturan dalam debat. Selanjutnya anda akan menemukan betapa pentingnya argumen dalam debat. Sedikit salam sapa hangat dimalam pagi ini untuk anda sekalian.

Seperti yang anda ketahui, Argumen merupakan hal yang sangat penting dalam dunia perdebatan. Mungkin kalau di analogikan seperti jiwa dalam tubuh manusia. Debat tanpa argumen itu tidak mungkin, karena argumen adalah kunci utama dari debat itu.

Argumen setidaknya memiliki 3 bagian penting yaitu: klaim, bukti, dan data. Klaim merupakan subtansi dari argumen. Bukti merupakan alasan dari klaim. Sedangkan data merupakan serangkaian fakta yang mendukung bukti yang secara tidak langsung argumen yang dimiliki.

Mungkin agak sulit memahami ketiganya karena masih abstrak dipikiran. Karena itu saya akan beri contoh tentang ini.

contoh argumen:
remaja muslim saat ini sudah rusak karena moralitas mereka (remaja muslim) sudah tidak sesuai dengan akidah - akidah islam yang sesungguhnya.
Klaim dalam argumen diatas adalah bahwa "remaja muslim saat ini sudah rusak". Sedangkan bukti argumen adalah "moralitas mereka (remaja muslim) sudah tidak sesuai dengan akidah - akidah islam yang sesungguhnya". Data yang dimaksud dalam argumen didapat dari beberapa referensi seperti contoh, "pendidikan saat ini sudah tidak mengarah kepada kebaikan bahkan sebaliknya".

Pada setiap perdebatan, Klaim dianggap lemah bahkan dapat menjadi indikator kalah karena kurangnya dukungan dengan alasan kuat. Anggapan klaim bukan argumen dapat terjadi karena butuhnya kesatuan klaim-alasan-data yang cukup untuk mengidentifikasinya menjadi sebuah argumen.

Pada setiap debat, pertarungan argumen (klaim-alasan-data) sandat diadukan secara kualitas baik kualitas ilmiah atau filosofisnya.

0 komentar: