Selasa, 19 Juni 2012

Unsur Subjek Objek Dalam Perlombaan Debat

Unsur subjek yang terdapat dalam debat setidaknya ada 3, yaitu peserta, juri, dan moderator:

Peserta
Pada setiap turnamen / perlombaan debat, para peserta biasanya terdapat minimal 2 orang untuk 1 tim. mereka akan bertemu / bertarung dengan lawan yang juga mempunyai struktur peserta sama. Beda dengan debat kusir dimana subjek dalam arti peserta tidak disesuaikan sama sekali. Dalam perlombaa debat tim debat terdiri dari 2 orang atau lebih yang berada dalam instansi yang sama (terkadang tidak).

Juri
Dalam perlombaan debat juga ada sistem penjurian dimana juri berasal dari keluarga peserta, guru peserta, dan pendengar - penonton acara perlombaan tersebut. Dimana peserta yang mendapatkan nilai kolektif terbanyak adalah yang menang.

Moderator
Sedangkan hakim (dalam hal ini adalah moderator) mempunyai peranan sebagai pembatas peserta debat. Terkadang para peserta tak terkontrol dalam berargumen atau keluar dari peraturan, maka sang wasit dapat memberitahu peserta. 

Sedangkan unsur objek adalah bahan / topik yang diperdebatkan. Banyak sekali topik sebagai bahan debat, akan tetapi penyesuaian dengan kondisi sangatlah bagus untuk itu. semisal kita akan membahas tentang topik hutan (main topic), kita dapat mengembangkan lagi secara mendalam seperti permasalahan kebakaran hutan di kalimantan (sub topic). Terkadang pembahasan dengan gaya sub topic ini sangat mendalam dan juga dapat mengembang ke sub lainnya.



0 komentar: